Japan Halal Food


Assalamualaykum,

 

Berkunjung ke negeri sakura yang mayoritas penduduknya non-muslim tentu agak butuh effort untuk kita yang muslim mencari makanan halal. Luckily, perkembangan teknologi sekarang sangat memudahkan kita mencari yang restoran, kedai, warung ataupun shop market yang halal.

Saat backpacker ke Jepang saya sangat dimudahkan dengan menggunakan aplikasi dari Halal Navi dan Halal Gourmet Japan. Helpful banget 🙂

 

Saya berkunjung ke Osaka, Kyoto dan Tokyo saja. Jadi saya hanya bisa mereview tempat makan yang saya datangi di 3 kota itu saja yah. Di antaranya saya sengaja berkunjung dan makan di tempat-tempat Halal ini :

Osaka Halal Market Sitara

bertempat di sekitar masjid Osaka (sekitar 20 meter saja dari masjid), tentu dari namanya saja sudah ketahuan kalo menu masakannya ala Turki, saya order Kebab Rice. Porsi yang diberikan cukup besar sampai saya tidak habis. Dan sepertinya ya, kalo makanan tidak dihabiskan mereka selalu membungkus pulang. Saya malah dipaksa bungkus pulang dan hebatnya, oleh ownernya porsi saya yang sudah berkurang setengah ditambah lagi oleh nya sampai penuh lagi.. Wah, Alhamdulillah rejeki buat makan malam hahahhaa.. Untuk air minumnya saya order nya air mineral dan ternyata it’s free unlimited 😀

20170328_120753-01-1869x1149[1]
Tampak depan kedai
20170328_121446-01[1]
Pilihan Menu
20170328_121742-01[1]
Makanan yang saya order, piring aslinya besar tuh 😀
 

Ayam-Ya Kyoto

Sewaktu di Kyoto agak kebingungan juga yah. Karena di Kyoto tidak terlalu banyak pilihan makanan halalnya, dan kedai Ayam Ya ini pilihan menonjol di Kyoto. Namanya Ayam-Ya tapi yang dijual ini menu nya ramen lho hihihiiii.. Tapi jangan salah, walaupun tampaknya dia unggul karena sedikitnya makanan halal di Kyoto, buat saya pribadi di sinilah saya makan makanan halal paling enak di Jepang. Mie Ramen & kuahnya yang aduhai bisa super ngaldu banget. Oishiiii.. 🙂 duh jadi mupeng deh. Lokasinya bisa dijangkau dengan jalan kaki dari Kyoto Station. Jadi disarankan banget buat kalian yang ke Kyoto makan di Ayam Ya ini. Ada juga sih di Tokyo. Oiya, perhatikan jam buka di Resto Ayam Ya ini. Karena ada jam tertentu nya.

Ayam Ya
Lokasi dan Jarak Ayam Ya dari Kyoto Station

20170329_133701_HDR-01-1635x1195[1]
Ayam-Ya Kyoto
20170329_132450_HDR-01[1]
slllrrppppp…ngaldu banget, ini yang menu pedas yah..
20170329_130347_HDR-01[1]
Daftar Menu di Ayam Ya
Naritaya Asakusa

Jika kalian di Tokyo, kedai berikut ini adalah salah satu tempat makan halal yang terkenal di Tokyo. Berada di Asakusa, yang menurut ku daerah yang paling banyak ditemukan tempat makan halal nya. Naritaya Ramen ini lokasinya mudah ditemukan yaitu dekat pintu masuk Sensoji Temple. Menyediakan menu andalannya tentu saja Ramen authentic Jepang, ada juga menu ayam karage nya yang recommended.

20170330_145416_HDR-01[1]
Hello Naritaya Asakusa

Chicken Man Ameyokocho

Berlokasi di Ameyoko street, yang mana Ameyoko street ini sendiri adalah salah satu shopping street yang murah meriah di Tokyo. Selalu ramai lokasi nya sangat dekat dengan Ueno Park. Alhamdulillah ada tempat makan halal disini. Namanya Chicken Man, menurut saya ini adalah tempat saya membeli makanan bersertifikasi halal yang paling murah selama di Jepang. hehehe.. iya memang isinya hanya nasi hainan dan ayam saja (menu yang saya pilih) tapi ayamnya cukup banyak. Dan lagi-lagi saya tidak menghabiskan makanan saya, dan si pemilik menyuruh saya untuk membungkusnya. Lumayan lah ya buat kalo laper-laper di hostel. Oya di satu jalan Ameyoko yang padat dan ramai ini ada 2 tempat makanan halal, letaknya pun berdempetan. Namanya Oscar Kebab, tapi saya orang Indonesia yang ga mau rugi deh.. kalo ga makan nasi kayaknya kurang afdhol. 😀

20170402_100418-01[1]
si pemilik dadaagh-dadaagh.. 😀
20170402_100440-01[1]
pilihan menu nya Chicken Man
20170402_100712-01[1]
makanan (halal sertifikasi) saya yg termurah selama di Jepang 😀
 

tempat makan terakhir yang mau saya share adalah

Sekai Cafe

Ada 2 Sekai Cafe di Tokyo, satu di Asakusa dekat dengan Sensoji Temple dan satunya lagi adalah yang saya datangi yaitu Sekai Cafe Oshiage di Tokyo Sky Tree. Jadi saat saya menuju Sky Tree sudah saya rancang agar makan siang di Sekai cafe ini. Kalo ngga salah ingat pemiliknya (yang istri) adalah seorang muslimah Indonesia yang tinggal di Jepang. Menyediakan menu Halal dan Vegetarian. Pilihan menunya beragam. Dan Tempatnya sangat cantik dan strategis.

20170403_134814_HDR-01[1]
curry rice with soy cutlet, itu pake brown rice
20170403_141145_HDR-01[1]
di belakangnya persis adalah Tokyo Sky Tree 🙂
itu adalah beberapa tempat makan halal yang mudah ditemukan selama ada di Osaka, Kyoto dan Tokyo. Yah saya hanya berusaha makan dari yang halal, jika tidak ada tempat terdekat makan yang halal, maka saya mencari 7-eleven dan membeli onigiri isi telur. Kenapa telur? insyaAllah aman ya kalo telur. Kalo ayam, belum tentu ayamnya halal, salmon bisa juga sih.. semoga Salmon nya ngga dimasak dengan minyak yang non halal. Hahahha..

Banyak pertimbangan? iya nih.

20170331_093049_HDR-01[1]
Onigiri isi Telur harga 120 yen saja 😀 hanya ada di brand 7-eleven
Saya hanya berusaha makan yang halal, agar perjalanan saya pun tenang. Heheheh.. sendirian nih, jadi ngga berani aneh-aneh deh selama backpacking.

Oiya jika selama di Tokyo kalian ingin masak sendiri, jangan khawatir mencari bahan masakan yang halal nya. Kalian bisa menuju Shin-Okubo station. Dekat dari stasiun ada gang yang isinya penjual-penjual muslim disini.

20170402_141246_HDR-01[1]
ini shin-Okubo Station nya, foto ini diambil saat kembali ke stasiun
20170402_134513_HDR-01[1]
suasana jalanannya, kanan kiri insyaAllah halal nih 🙂
20170402_134342_HDR-01[1]
salah satu toko yang menjual bahan masakan
20170402_134427_HDR-01[1]
ada tempat makanan halal nya juga
Well, Semoga bermanfaat ya untuk yang akan jalan-jalan di Jepang. InsyaAllah makan yang halal lebih tenang kan?

 

Wassalam & Let share,

Cynantya

 

 

Leave a comment